Baitul Mal Aceh Tamiang Programkan Bantuan Kepada Fakir Uzur

INDONESIASATU.CO.ID:

WARTAACEH.CO.ID: ACEH TAMIANG - Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang, pada tahun 2018, meluncurkan program bantuan kepada fakir uzur seumur hidup yang mengalami keterbatasan ekonomi.

"Fakir uzur adalah masyarakat yang kondisi sosial ekonominya sangat memprihatinkan, tidak memiliki harta dan penghasilan, usia relatif tua, dalam keadaan sakit-sakitan dan ada yang hidupnya sebatang kara tanpa sanak keluarga”, Kata Kabid Baitul Mal Aceh Tamiang, Ashari kepada Senin (8/1/2018). 

Selain itu, fakir uzur juga tidak dapat mandiri secara ekonomi, karen usianya yang sudah lanjut serta keterbatasan ekonomi dari orang-orang di sekitarnya yang mengakibatkan fakir uzur tidak mendapat perhatian yang layak.

"Peluncuran program bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Baitul Mal,” terangnya. 

Ditahun ini katanya, setiap bulan pihaknya akan menyantuni orang-orang farkir uzur seumur hidup, dan kepada yang bersangkutan akan diberikan uang tunai sebesar Rp 300 ribu rupiah. Dan saat ini, dari Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang juga masih melakukan pendataan terhadap para penerima yang berhak menerima bantuan. 

Lebih lanjut dikatakan Ashari, bantuan uzur tersebut merupakan Program prioritas Baitul Mal Aceh, termasuk uang Skripsi Mahasiswa dan lain lain. yang disalurkan Baitul Mal. Selain itu, Baitul Mal juga mensertifikasi tanah wakaf serta rumah dhuafa diaceh tamiang.

“Ke depan, Baitul Mal Aceh Tamiang akan tetap melanjutkan program-program bagi fakir uzur sehingga mereka dapat melanjutkan kehidupan yang layak dan memenuhi kebutuhan pokok mereka sehari-hari. Bantuan juga direncanakan akan diberikan hingga fakir uzur meninggal dunia,” tuturnya.

Ditambahkannya, Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang juga akan terus berusaha untuk membantu keluarga Miskin dan Uzur yang tersebar di wilayah yang berjulukan Breuh Sigupai tersebut di 12 kecamatan dalam kabupaten Aceh Tamiang. Berkenaan dengan bantuan menjelang Ramadhan, Baitul Mal juga akan membantu warga miskin (Warga Kurang mampu). 

“Insyaallah, dengan pengelolaan Baitul Mal yang semakin profesional, kedepannya akan mendorong masyarakat untuk membayar zakatnya melalui Baitul Mal sehingga akan dapat membantu mereka yang membutuhkannya,” ujarnya.

Disebutkan, hingga saat ini, sebelum datang bulan Ramadhan 2018 mendatang, pihaknya akan menyelesaikan Zakat, Infaq Shadaqah (ZIS) tahun 2018, kepada yang berhak menerimanya. [M.Irwan]

  • Whatsapp

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Index Berita